Selasa, 24 Januari 2017

5 JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR

5 JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR

Ikan hias air tawar memiliki banyak varian warna, banyak jenisnya serta bentuknya yang lucu, selain bisa dijadikan hewan peliharaan bisa juga dijadikan sebagai hiasan dalam rumah atau kolam.
Selain itu banyak juga manfaat memelihara ikan hias air tawar ini. Salah satunya dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Karena pemandangan yang indah dan gerak-gerik ikan dalam aquarium atau kolam.
Gerak-gerik ikan yang indah ini seringkali dapat menenangkan fikiran dan jadi obat stres. Jadi tidak heran, jika banyak yang memelihara ikan hias di rumah baik di kolam atau di aquarium dengan alasan keindahan dan manfaat-manfaatnya.
Terdapat banyak jenis ikan hias air tawar di dunia ini. Mulai dari bentuk, ukuran unik sampai warnanya yang mempesona, inilah 5 jenis ikan air tawar antara lain :

1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Oscar

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Oscar Besar

Ikan hias jenis oskar merupakan jenis ikan yang banyak digemari oleh pecinta ikan hias dalam maupun luar negeri. Oscar memilki bentuk tubuh lebar layaknya ikan gurame atau nila yang sering kita jadikan sebagai lauk.
Namun ada hal yang membedakan antara kedua ikan tersebut, yakni warna pada ikan hias jenis oscar lebih bervariasi serta kombinasi warna-warnanya terlihat jauh lebih indah dari ikan gurame serta pada sisik ikan oscar terdapat seperti ada batik yang menghiasi tubuhnnya.
Selain itu ada juga ikan hias oscar albino atau putih pucat dengan gariss totol orange ataupun berwarna polos.

2. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Komet



Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium cantik komet warna orange

Ikan hias komet memiliki nama latin Carrassius Auratus adalah ikan hias yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Tak heran karena komet mempunyai tubuh yang ramping dengan warna putih perak mengkilap dan merah menyala. Juga pada ekor panjangnya yang terus melambai-lambai ketika berenang semakin membuat penggemarnya kepayang.
Ikan hias yang masih satu keluarga dengan ikan mas ini berasal dari Jepang. Sekitar tahun 1970-an ikan hias jenis komet ini baru masuk di Indonesia.
Ikan hias jenis komet ketika masih muda bentuk ekornya tidak terlalu lebar. Seiiring pertumbuhannya, ketika dewasa memilki ekor lebar dan membuat komet telihat gemulai.
Untuk memelihara ikan hias jenis kmoet ini tidak sulit karena komet tidak rewel. Di daerah pedesaan, ikan hias jenis komet hanya di budidaya dalam empang tanpa perlakuan khusus. Makanannya cukup dedak (dari hasil selep padi) yang di taburkan sekali setiap harinya.

3. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Lemon




Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium ikan lemon warna yang indah

Sesuai dengan namanya, ikan hias jenis lemon ini memilki warna tubuh yang dominan dengan warna seperti buah jeruk lemon masak. Untuk ikan lemon yang sudah dewasa, bagian ujung sirip atas akan terlihat warna hitam.
Di sarankan pemeliharaan ikan hias jenis lemon ini tidak di gabung dengan ikan jenis lainnya karena ikan lemon inni termasuk ikan yang agrseif.

4. Ikan Hias Jenis Fantail Guppy




ikan hias air tawar jenis fantail-guppy ekor kipas

Fantail Guppy merupakan ikan hias air tawar yang harganya relatif murah namun memiliki bentuk yang lucu serta warna yang indah. Pola dan warna dari fantail guppy ini beraneka macam. Ekor daripada fantail guppy yang mirip dengan kipas ini akan terlihat indah dan menarik ketika digunakan untuk berenang. Gerakan ekornya yang khas ini akan membuat siapa saja yang melihat tertarik kepadanya.
Selain itu penampilannya yang anggun juga menjadi  alasan utama para pecinta ikas hias memeliharanya di dalam akuarium.
Spesies dari guppy ini mempunyai kombinasi warna lebih dari 20. Namun dari banyaknya kombinasi warna tersebut, yang paling umum dan sering kita jumpai adalah warna biru, kuning, merah dan ungu.

5. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Endlers Livebearer




Jenis ikan-hias air tawar langka -endlers-livebearer

Apabila kita mencari ikan hias air tawar jenis Endlers Livebearer di toko-toko ikan hias maupun penangkaran ikan, endlers livebearer termasuk ikan langka. Karena ikan ini biasnya hanya ditemukan pada toko ikan hias khusus penggemar endlers.
Penampilan dari endlers tidak jauh berberda dengan ikan guppy liar. Warna yang menghiasi tubuh mereka ialah neon dengan gradasi warna orange, kuning, hitam, hijau juga baby blue.
Dengan ukuran tubuhnya yang kecil dan kepribadian yang ramah endlers livebearer mudah beradaptasi dengan kondisi akuarium.
Sumber : http://masbidin.net/ikan-hias-air-tawar/
                https://bukubiruku.com/jenis-ikan-hias-air-tawar-aquarium/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar